Kabut Asap di Sumut Berkurang

20 Mar 2014

KABUT asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Sumatra Utara mulai berkurang. Kabut asap tebal yang sepekan lalu masih menyelimuti Kota Medan, kini mulai menipis. Jarak pandang pun relatif aman. Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geo? sika (BMKG) Medan menyebutkan terdapat lima titik api di Karo, Tobasa, Langkat, dan dua titik api di Humbang Hasudutan.

Jarak pandang penerbangan juga relatif aman. Kepala BMKG Wilayah I Medan Indra Suwarta mengatakan kabut asap berkurang karena arah angin berubah menuju timur laut, yakni ke Sumatra Barat. Arah angin berubah sehingga kita aman dari kabut asap. Arah angin ke Sumatra Barat, ujarnya, kemarin.

Namun, ada sejumlah wilayah yang berdekatan dengan Riau masih diselimuti kabut asap seperti Tapanuli Selatan dan Utara, Sibolga, dan Madina. Kabut asap di Kabupaten Tapanuli Utara semakin tebal. Jarak pandang hanya 75 meter. Kabut makin pekat terjadi sejak kemarin sekitar pukul 15.00 WIB dan mengganggu aktivitas masyarakat.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara telah mengimbau agar masyarakat memakai masker, kacamata, dan pakaian lengan panjang selama berkegiatan di luar rumah. Untuk mencegah terjadinya gangguan pernapasan, iritasi mata, dan kulit. Warga yang harus memperbanyak minum air putih, kata Boby Simanjutak, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara.

Pada bagian lain, jalur penerbangan di Bandara Fatmawati Soekarno, Kota Bengkulu, kembali normal. Pesawat dua maskapai penerbangan, Garuda Indonesia dan Lion Air, pada Rabu (12/3) lalu tidak bisa mendarat karena bandara tertutup kabut asap.

Prakirawan BMKG Bengkulu, Haris Syahid Hakim, menjelaskan saat ini jarak pandang kembali normal yakni 5 kilometer. Semalam turun hujan sehingga membantu mengurangi kepekatan asap. Yang harus diwaspadai pihak maskapai ialah penerbangan pagi dan sore karena kerap muncul kabut asap.

Sampai sekarang dari hasil pantauan, kami belum menemukan titik api di Bengkulu, terangnya.(YN/JH/MY/N-3/Media Indonesia, 14/03/2014)


TAGS


-

Author

Follow Me