Pesawat Pembom Rusia Jenis BE 200

15 Mar 2014

Rental Mobil Medan - Untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di propinsi Riau, badan nasional penanggulangan bencana atau BNPB berencana akan mendatangkan pesawat pembom jenis beriev aviation atau be 200 dari rusia. Pesawat ini khusus untuk pemadam kebakaran, pencarian dan penyelamatan. Pesawat amfibi serbaguna ini dirancang oleh beriev aircraft company rusia dan produksi berada dibawah payung united aircraft corporation.

Pesawat yang memiliki delapan tangki air aluminium paduan besi yang terletak dibawah lantai kabin atau dilambung pesawat, bisa meraup 12 ton air dalam 14 detik di laut maupun disungai. selain itu, pesawat canggih ini juga membawa enam tangki tambahan untuk membawa bahan kimia racun api. dengan datangnya pesawat be 200 ini, diprediksi bisa dengan cepat mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang telah dua bulan melanda propinsi riau.

Selain bisa mendarat di laut untuk mengambil air pesawat dengan panjang 32 meter dan lebar sayap 33 meter ini, juga bisa mendarat dan mengambil air disungai yang lebar. Dengan kecepatan maksimum 700 kilometer perjam, pesawat ini bisa dengan cepat bolak-balik mengambil air dan memadamkan titik titik api yang terpantau di wilayah riau.

Meski sewanya tergolong mahal, namun pihak badan nasional penanggulangan bencana sudah melaporkan rencana penyewaan pesawat pembom be 200 ini kepada presiden. Jika presiden menyetujui pesawat be 200 ini akan datang pada bulan mei tahun ini.

Pesawat be 200 sebelumnya pada bulan oktober 2006, pemerintah indonesia sudah pernah menyewanya selama satu setengah bulan/ untuk memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di daerah sumatera selatan dan kalimantan tengah. Pada saat itu pemerintah indonesia harus mengeluarkan uang sebanyak 5,2 juta dolar amerika untuk sewa selama satu setengah bulan. (Tim/zamrudtv)


TAGS


-

Author

Follow Me